Blog ini adalah sebuah hasil karya anak bangsa yang sedang belajar ngeblog. Mohon support dan commentnya yang membangun...............

Sabtu, 25 April 2009

UAN, Lulus Atau Nggak Ya???????????

Wah ngeblog lagi nich. Kali ini kita akan ngebahas tentang UAN aja yaw.
UAN.........
Jika mendengar kata diatas bisa jadi itu adalah sebuah kata yang sangat ditakuti oleh para siswa, khususnya kelas 3. Ya.... memang benar dengan teori tersebut, karena setelah dilakukan survei disebuah sekolah yang cukup favorite disalah satu kota diKalimantan Barat. Menunjukkan sebagian besar siswa takut mengikuti ujian. berbagai alasan keluar dari lisan mereka. Bahkan diantara mereka berani mengungkapkan ketidaksetujuannya dengan ujian nasional.

Mereka beranggapan bahwa ujian nasional itu terasa kurang begitu adil. Bayangkan saja setelah tiga tahun kita bersekolah begitu banyaknya nilai yang kita dapat. Prestasi telah kita raih dan sumbangsih kesekolah harus hancur jika kita gagal dalam ujian nasional yang dilaksanakan dengan durasi 2 jam tiap pelajarannya. Jika kita pikir, anggapan mereka ada benarnya juga. Hanya 6 buah pelajaran yang menentukan mereka lulus atau tidaknya dari sekolah. Padahal mereka telah menjalani 3 tahun masa belajar mengajar.
Namun diantara mereka juga ada yang sangat setuju sekali dengan diadakan Ujian Nasional ini. Alasannya karena untuk terjun kemasyarakat itu dibutuhkan orang-orang yang benar siap dalam ilmu pengetahuan. Tidak bisa orang sembarangan jika memang mereka mengharapkan hidup yang layak kelak. Itu semua bisa kita jalani dengan baik jika kita memang mempersiapkan pelajaran yang akan diujiakan itu jauh-jauh hari sebelum ujian. Dengan belajar, bukan mustahil kita dapat mengerjakan soal-soal ujian itu.
Tapi memang tak dapat dipungkiri jika ketakutan tetap melanda batin siswa. Kebanyakkan dari mereka takut akan pelajaran yang mereka anggap diri mereka masih banyak kekurangan. Tapi sebagian besar dari mereka takut akan pengawas yang nanti akan mengawas mereka dalam ujian nasional. Walaupun mereka tak berbuat hal-hal yang ganjil, seperti mencontek. Namun perasaan takut akan mengawas itu pasti ada.
Namun sekarang ujian nasional telah berakhir, namun tidak menutup kemungkinan banyak siswa yang masih was-was. Karena kepastian mereka lulus atau tidak akan diumumkan buolan Juni mendatang.Dan banyak juga diantara siswa yang melepas kepenatan selama lima hari ujian itu dengan mengakhiri weekend mereka bersama teman-teman sekelas mereka.

Sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Please comment My post

  ©Template by Dicas Blogger.